Surat Pribadi dan Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat

Surat Glabet, pada kesempatan kali ini akan membahas tentang  contoh surat pribadi dan cara membuat surat pribadi. Apakah kalian pernah membuat suarat? Surat jenis apa yang kalian buat? Surat merupakan sarana untuk menyampaikan informasi secara tertulis dari pihak yang satu ke pihak yang lain. Isi dari surat sendiri dapat berupa sebuah informasi atau dapat berupa pemberitahuan, pernyataan, pertanyaan, permintaan, sikap dan sebagainya. Nah untuk lebih memahami tentan pengertian surat pribadi, contoh surat pribadi dan cara membuat surat pribadi silahkan simak artikel ini sampai habis.

Pengertian Surat Pribadi

Surat pribadi adalah jenis surat yang dibuat dan dikirim untuk peronangan seperti untuk teman, saudara, orang tua, atau untuk teman spesial. Meskipun semakin jarang orang menggunakan surat untuk menyampaikan sebuah informasi pada saat ini, namun tidak sedikit orang yang masih membuat surat. Membuat surat merupakan salah satu cara untuk mengungkapkan apa yang kita rasakan kepada orang lain dimana kita tidak dapat mengungkankan apa yang kita rasakan ketika berada di depan atau berhadapan dengan orang tersebut.

Dari segi bentuk dan bahasa Surat pribadi berbeda dengan surat resmi, karena pada surat resmi dalam pembuatannya harus menggunakan aturan-aturan tertentu. Membuat Surat pribadi merupakan contoh membuat surat yang paling mudah dalam pembelajarannya, mengapa disebut mudah dalam membuat surat pribadi karena isi tulisan dan bahasanya tergantung dengan penulis atau tidak mengikat.

Cara Membuat Surat Pribadi 

Jika kalian baru pertama kali membuat surat, kalian tidak perlu kawatir jika ada tugas untuk membuat surat pribadi, karena surat pribadi tergolong mudah dalam pembuatannya daripada surat-surat yang lain. Nah, bagi  kalian yang mengetahui  cara menulis suart pribadi. Perharikan cara membuat surat pribadi dibawah ini

Langkah pertama siapkan kerta dan alat tulis
Kalian tahu sendirikan sebelum menulis harus memiliki alat tulis dan dan juga kertas untuk media tulisan, tidak lupa juga amplop untuk membungkus surat apabila sudah jadi. Alat tulis  yang baik adalah alat tulis dengan warna yang jelas dan tidak terlalu tebal tinta yang keluar dari pena. Dalam penulisan surat pribadi kalian dapat mengungkapkan apa yang kalian miliki dalam menulis dalam artian buat bentuk huruf yang unik asalkan mudah dibaca. Tidak ada aturan dalam menggunakan kertas, kalian dapat menggunakan kertas buram, hvs, ataupun kertas khusus warna dengan hiasan yang menarik (dengan tujuan khusus).

Kedua, ungkapkan semua hal yang akan disampaikan dalam tulisan
Sama fungsinya antara surat pribadi dan surat resmi adalah untuk menyampaikan informasi dalam bentuk tulisan kepada seseroang atau instansi, namun bedanya surat pribadi hanya untuk seseorang atau pribasi. Namun yang perlu diperhatikan adalah kalian harus berhati-hati ketika menulis, hindari kesalahan dalam menulis karena ini akan membuat lembar kertas menjadi kotor jika harus sering menghapus.

Bagian-Bagian Surat Pribadi

Sepertihalnya pada surat resmi dalam surat pribadi juga terdapat bagian-bagian surat, dan bagian-bagian tersebut antara lain :

Pembukaan

Ketika kalian menulis surat pribadi, pembukaan atau salam pembuka dapat berupa salam  keselamatan, Sayang, rindu atau salam lainnya. Pembuka berupaa salam ini bertujaan untuk  meyapa, membuka obrolan  dalam membuat surat pribadi supaya tidak langsung “to the point”.  Menggunakan pembukaan dalam membuat surat pribadi dinilai lebih sopan daripada tidak menggunakan pembukaan.

Contoh Pembukaan Surat Pribadi
“Assalamu’alaikum Waroh Matullohi Wabarokatuh”
 “Salam kangen”
Cheryl sahabatku, bagaimana kabarmu? Semoga kamu dalam keadaan baik-baik saja sehat selalu serta tetap dalam perlindungan Allah SWT, amiin.”

Apabila tampa pembukaan juga tidak masalah karena tidak ada kwajiban  dalam membuat pembukaan dalam pembuatan surat pribadi, hanya untuk kesopanan saja sebenarnya

Isi Surat Pribadi

isi surat Pribadi sangat  penting, karena isi surat pribadi adalah merupakan pokok informasi yang akan disampaikan ketika membuat surat pribadi. Menulis Isi surat pribadi tidak ada ketentuan tentang berapa jumlah katanya, kalian bisa menulis apa saja yang ingin disampaikan dan ditanyakan. Namun pergunakan bahasa yang mudah dipahami supaya orang yang menerima surat kamu dapat mengetahui apa yang kalian maksud dalam isi surat tersebut.


Penutup 
Pembukaan, isi dan terakhir adalah penutup surat. Ketika isi surat sudah selesai dibuat jangan sampai terlewatkan menulis penutup surat, buat penutup surat dengan kata dan bahasa yang sopan, supaya surat pribadi terkesan baik . Apabila pada awal pembukaan maka pada akhir harus ada penutup. 
Contoh penutup Surat 
Sampai jumpa, 
Wassalamu’alaikum, 
atau salam-salam yang lain.

Jangan lupa membungkus surat dengan amplop gunakan amplop surat yang ada perekatnya, agar isi surat tidak dibaca oleh orang yang mengantarkan surat atau jasa pengirim surat. Tulis alamat lengkap orang yang menerima surat  jika ingin dikirim lewat pos, atau juga dapat dikirim langsung  kepada penerimanya. 

Contoh Surat Pribadi

Surat Pribadi dan Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat
Surat Pribadi dan Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat

Membuat surat pribadi ditujukan kepada  seseorang yang spesial, seperti orang  tua, sahabat, atau yang lainnya. Surat dibuat dengan alasan karena tidak dapat disampaikan secara langsung oleh karena itu harus benar-benar dibuat dengan baik dan agar tidak membuat salah pemahanan. Apabila belum pernah membuat surat pribadi  atau menulis surat pribadi. Berikut kita berikan  contoh surat pribadi.

Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat

Membuat dan menulis surat pribadi ditujukan untuk sahabatnya, dapat menggunakan  bahasanya yang santai agar lebih luwes dan akrab. Bahasa yang digunakan bisa menggunakan bahasa dalam kehidupan sehari-hari untuk membuat surat pribadi, Karena sahabat adalah teman berbagi dan. Bahasanya pun juga tidak harus bahasa Indonesia, menggunakan bahasa daerah masing-masing juga bisa.

Yang terpenting adalah bahasa yang sesuai dengan penerima surat. Jangan sampai menggunakan bahasa surat pribadi dengan bahasa jawa lalu dikirim kepada sahabat kalian yang ada di Bali,  begitu sebaliknya. 

Berikut ini contoh surat pribadi untuk sahabat :

Cluring, 30 Maret  2018

Untuk Sahabatku Cenul

Assalamu’alaikum wr wb
Hai apa kabar cenul, Gimana kabarmu? Pasti kamu tambah pintar dan tambah cantik. Apa kabar juga orang tuamu disana? Semoga selalu diberi kesehatan dan berkah oleh alloh swt. Aamiin.
Oh ya Nul selamat ulang ya, mohon maaf kemarin tidak bisa menghadiri acara ulang tahunmu, sahabatku yang cantik ternyata sudah beranjak gede, semoga Allah selalu memberimu umur yang berkah dan mengabulkan apa yang kamu semogakan.

Cenal cenul, sudah berapa lama kita tidak berjumpa. Sejak acara pernikaan kakakmu dulu bukan? Tidak terasa sudah tiga tahun perpishan kita. Jadi rindu ngobrol bareng sama kamu, dan main dipantai cemara lalu cerita sepanjang sampai sore tiba. Walaupun kita tidak saling jumpa lagi, namun aku harap kita tetap menjaga hubungan baik atau silaturahmi, karena kita adalah saudara.

Sahabat ku yang cantik,  aku punya buaaaanyak sekali cerita buat kamu, cerita tentang baruku di Banyuwangi.  Aku menulis  ini sebetulnya sudah sejak lama, memendam rindu kepadmu Nul. Oh ya Hari raya nanti Insyaallah aku pulang ke Banyuwangi.

Mungkin itu dulu ya Cenul, cerita kita sambung lagi ketika ketemu, balasan surat ini selalu aku tunggu Ceritakan tentang aktifitasmu disana. Salam buat bapak ibu dirumah dan kakamu. Sampai jumpa hari raya nanti  yaa. Semoga Alalah selalu menjaga mu dan  keluargamu .

Bye bye..
Wassalamu’alaikum wr. Wb.

Tersayang
Novi Yulia F.R.


Semoga contoh surat pribadi untuk teman di atas dapat bermanfaat sebagai tambahan referensi. Kunjungi terus blog termpail menulis surat untuk mencari contoh  surat pribadi  buat guru, surat pribadi buat orang tua. 

the cheapest car insurance, cost of car insurance, best car insurance quotes, insurance auto, insurance quotes car, get car insurance quotes online, car insurance agent, instant car insurance quote, car insurance websites, direct car,

insure a car, motor car insurance quote, cheap car insurance, online quotes for car insurance, car insurers, commercial car insurance, motor insurance quote, car insurance quotes online, get a quote online, international health insurance, compare car insurance quotes, insurance for car, compare car insurance, car insurance, buy life insurance online

compare auto insurance, international medical insurance, general car insurance

cheap motor insurance, low car insurance, car insurance comparison

company car insurance, budget car insurance, private health insurance, online quote car insurance, cheap motor car insurance, car insurance for new drivers, cheap car insurance quotes online, online car insurance quotes, get car insurance quotes, car insurance quotes comparison, motor car insurance, car insurance quotes, car insurance cheap, comprehensive car insurance, best auto insurance, short term health insurance, motor insurance

cheap online car insurance, online motor insurance quotes, car insurance california

buycarinsurance, online vehicle insurance, free car insurance quotes, landlord insurance

health insurance for children, motorbike insurance, monthly car insurance

car insurance usa, car insurance reviews, car insurance renewal quotes, vehicle insurance

health insurance rates, term life insurance quotes, vehicle insurance quotes

car insurance compare, motor vehicle insurance, best car insurance, motor insurance online quote, car insurance online quote, life insurance online, supplemental health insurance

best car insurance rates, car insurance discounts, motor vehicle insurance quotes, auto insurance, cheap travel insurance, bike insurance, travel medical insurance, buy car insurance online, online motor insurance, travel insurance quote, get a quote for car insurance, health insurance agent, car insurance companies, cheap car insurance companies

travel insurance, annual travel insurance, commercial vehicle insurance, permanent life insurance, medical insurance quotes, online car insurance, cheap car insurance quotes, credit card terminal, card credit application, credit card generator, credit card balance

credit card numbers, credit card transfer, credit card interest rates, credit card interest, gold card, credit card online, best rate credit cards, credit card low interest

visa card online, online credit card, how to apply a credit card
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait