Langkah Mudah Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan – Bagaimana sobat semua sudah siap untuk memulai kehidupan baru, bagi kalian yang sudah lulus SMA, SMA atau baru lulus kuliash yang ingin mendapatkan pekerjaan, berikut ini kami berikan langkah mudah cara membuat surat lamaran pekerjaan. Apabila sudah menemukan tempat dalam hal ini perusahaan, kantor dan lain sebagainya, yang menyediakan lapangan pekerjaan dan kalian ingin melamar pekerjaan di tempat tersebut, tentu kalian harus membuat surat lamaran kerja

Surat lamaran kerja merupakan syarat yang penting dan mungkin merupakan alasan kalian akan diterima untuk bekerja pada tempat yang kalian lamar atau tidak. Kalian harus menunjukkan  kepada orang yang memberikan lowongan pekerjaan dengan baik dan benar, dan pada surat lamaran pekerjaan tersebut kalian harus menunjukkan kelebihan serta kemampuan yang kalian miliki. Kalian tidak perlu menambahkan seuatu  kemampuan tertentu yang tidak kalian kuasai untuk melamar suatu pekerjaan karena malah akan membawa dampak buruk dikemudian haru, tulis sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
Cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar, merupakan salah satu point kalian akan diterima pada tempat yang memberikan lowongan pekerjaan tersebut. Karena begitu banyak orang melamar pekerjaan pada perusahaan ataupun tempat-tempat yang memberikna lowongan pekerjaan, dan untuk diterima ditempat tersebut maka persaingan sangat ketat, oleh karena itu kita harus membuat surat lamaran pekerjaan untuk menengenalkan diri kita dengan tempat dan baik.

Langkah Mudah Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Berikut ini adalah trik dan tips cara menulis surat lamaran kerja agar kalian mendapatkan peluang untuk diterima pada tempat yang memberikan lowongan pekerjaan semakin besar.
  1. Kalian harus membaca dengan baik pengumuman tentang lowongan pekerjaan, terutama tentang berbagai persyaratan yang diperlukan pada lowongan pekerjaan tersebut. Alasan kenapa kalian harus membaca dengan baik dan teliti adalah agar surat lamaran pekerjaan yang akan kalian buat tidak keluar dari konteks.
  2. Ketika menulis sebuah surat lamaran kerja, kalian harus menggunakan kata-kata untuk membuat kalimat yang baku atau bahasa resmi, kata tersebut harus sesuai dengan EYD menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia.
  3. Tidak perlu menggunakan kata dalam kalimat dengan menggunakan bahasa asing, pergunakan kata yang mudah dipahami, kata harus singkat, jelas dan kata tersebut harus sopan dan menarik. 
  4. Tujuan Surat lamaran tersebut harus jelas. Penulisan Nama yang dituju harus benar, penulisan ejaan namanya, gelar, dan jabatan, begitu pula dengan nama serta alamat perusahaan yang memberikan lowongan pekerjaan. 
  5. Setelah surat lamaran pekerjaan selesai dibuat. Kalian harus memastikan tidak ada kesalahan dalam pengetikan, pastikan dengan membaca berulang-ulang, apabila diperlukan mintalah saudara, teman, atau keluarga yang memiliki ketrampilan khusus dalam hal administrasi, terutama administrasi surat-menyurat.
  6. Gunakan kertas yang bersih dan rapi, jangan menggunakan kertas yang khusut dan kotor, hindari penggunakan tip-ex pada surat lamaran pekerjaan. Untuk menghindari kesalahan apabila kalian menulis surat dengan menggunakan tulisan tangan, maka sebaiknya kalian menulis konsep surat lamaran pekerjaan tersebut sebulum membuat aslinya. 
  7. Apabila surat lamaran pekerjaan kalian buat dengan menggunakan tulisan tangan, maka sebaiknya kalian memastikan bahwa tulisan yang kalian buat dapat dibaca dan dipahami oleh orang lain, terutama seseroang yang akan membaca pada perusahaan yang menawarkan lowongan pekerjaan. Gunakan penulisan huruf yang kalian kuasai dalam menulis surat 


Nah, setelah kalian mengetahui trik dan tips untuk membuat surat lamaran pekerjaan diatas agar mudah diterima, berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat surat lamaran pekerjaan.
Langkah Mudah Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan
Langkah Mudah Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Cara menulis surat lamaran kerja

Pada dasarnya orang membuat atau  menulis surat lamaran kerja untuk diajukan kepada perusahaan atau kantor yang menawarkan lowongan pekerjaan  sama saja isinya. Seperti contoh cara membuat cara membuat surat lamaran kerja di bank, surat lamaran kerja online, maupun cara membuat surat lamaran pekerjaan di perusahaan

Langkah-langkah membuat surat lamaran kerja 

Tempat dan tanggal penulisan surat.
Kepada Yth. Tulisan nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju. (hindari kesalahan penulisan nama dan gelar)
Alamat perusahaan (penulisan alamat harus lengkap dan benar)
Salam hormat
Kata pengantar / pembukaan
Dalam penulisan kata pengantar atau pembuka ketika membuat surat lamaran pekerjaan  wajib kalian harus mencantumkan tempat atau sumber informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan yang akan kalian tuju. Baik melalui media cetak seperti surat kabar, selebaran, poster yang ditempel ditempat umum, maupun internet, atau teman Anda.

Kalian harus menentukan dimana posisi jabatan pekerjaan yang kalian pilih jika dalam perusahaan tersebut membutuhkan banyak sekali karyawan baru. Tentunya harus sesuai dengan keahlian dan ketrampilan yang kalian miliki
Biodata pribadi
Tuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, dan data pendukung lainnya
Sebagai saran apabila ingin menulis latar belakang pendidikan, sebaiknya menulis latar belakang pendidikan tertinggi Anda.
Pengalaman kerja dan kemampuan Anda
Apabila kalian sebelumnya pernah  memiliki pengalaman bekerja, tulisan pekerjaan tersebut. Jika belum pernah bekerja maka tidak perlu. Camtumkan pada penulisan kemampuan yang dimiliki sekiranya dibutuhkan dalam perusahaan tersebut.
Penutup
Dalam pembuatan atau penulisan penutup ini tulislah untuk pembaca surat lamaran pekerjaan tersebut, bahwa kalian memiliki  keinginan kuat agar diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa mengucapkan Terima kasih.

Lampiran surat lamaran kerja

Lampiran surat lamaran pekerjaan merupkan hal penting, agar sebuah perusahaan yakin dan memiliki alasan bahwa layak untuk menerima kalian, maka lampirkan hal yang dapat menambah point. Beberapa persyaratan  yang sebaiknya ada sebagai lampiran  surat lamran pekerjaan adalah :
Pas foto (foto terbaru)
Fotokopi KTP
Daftar riwayat hidup
Fotokopi ijazah terakhir
Fotokopi sertifikat kompetensi (apabila pernah mengikuti dan masih memiliki)
Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda)
Setelah Anda mengetahui cara membuat surat lamaran pekerjaan, Anda bisa melihat contoh-contoh surat lamaran pekerjaan di bawah ini.

Semoga artikel tentang lagkah mudah cara membuat surat lamaran pekerjaan dapat bermanfaat, dapatkan update terbaru artikel tentang download surat lamaran pekerjaan pada posting selanjutnya.

the cheapest car insurance, cost of car insurance, best car insurance quotes, insurance auto, insurance quotes car, get car insurance quotes online, car insurance agent, instant car insurance quote, car insurance websites, direct car,

insure a car, motor car insurance quote, cheap car insurance, online quotes for car insurance, car insurers, commercial car insurance, motor insurance quote, car insurance quotes online, get a quote online, international health insurance, compare car insurance quotes, insurance for car, compare car insurance, car insurance, buy life insurance online

compare auto insurance, international medical insurance, general car insurance

cheap motor insurance, low car insurance, car insurance comparison

company car insurance, budget car insurance, private health insurance, online quote car insurance, cheap motor car insurance, car insurance for new drivers, cheap car insurance quotes online, online car insurance quotes, get car insurance quotes, car insurance quotes comparison, motor car insurance, car insurance quotes, car insurance cheap, comprehensive car insurance, best auto insurance, short term health insurance, motor insurance

cheap online car insurance, online motor insurance quotes, car insurance california

buycarinsurance, online vehicle insurance, free car insurance quotes, landlord insurance

health insurance for children, motorbike insurance, monthly car insurance

car insurance usa, car insurance reviews, car insurance renewal quotes, vehicle insurance

health insurance rates, term life insurance quotes, vehicle insurance quotes

car insurance compare, motor vehicle insurance, best car insurance, motor insurance online quote, car insurance online quote, life insurance online, supplemental health insurance

best car insurance rates, car insurance discounts, motor vehicle insurance quotes, auto insurance, cheap travel insurance, bike insurance, travel medical insurance, buy car insurance online, online motor insurance, travel insurance quote, get a quote for car insurance, health insurance agent, car insurance companies, cheap car insurance companies

travel insurance, annual travel insurance, commercial vehicle insurance, permanent life insurance, medical insurance quotes, online car insurance, cheap car insurance quotes, credit card terminal, card credit application, credit card generator, credit card balance

credit card numbers, credit card transfer, credit card interest rates, credit card interest, gold card, credit card online, best rate credit cards, credit card low interest

visa card online, online credit card, how to apply a credit card
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait