Pengertian Surat Perjanjian dan Manfaat Surat Perjanjian

Gimana sobat glabet kabarnya? Mudah-mudahan selalu baik-baiksaja,  kami secara pribadi mengucapkan terima kasih atas kunjungannya, mudah-mudahan apa yang ada pada blog kami “Terampil Membuat Surat” dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan. Pada posting sebelumnya yaitu tentang Pengertian Surat Undangan dan Contoh Surat Undangan Dinas merupakan salah satu jenis surat resmi yang menggunakan aturan, bahasa baku, dan bentuk-bentuk surat dalam membuatnya. Sedangkan pada pada posting kali ini kami ingin membahas tentang Pengertian Surat Perjanjian dan Contoh Surat Perjanjian. Apa itu Definisi Surat Perjanjian?  Apa Manfaatnya Surat Perjanjian? Dan Contoh Surat Perjanjian.

Pengertian Surat Perjanjian

Pada Surat Perjajian ada dua kata Surat dan Perjanjian, Surat merupakan sarana untuk menyampaikan informasi secara tertulis dari pihak yang satu ke pihak yang lain. Isi dari surat sendiri dapat berupa sebuah informasi atau dapat berupa pemberitahuan, pernyataan, pertanyaan, permintaan, sikap dan sebagainya. Sedangkan Perjanjian merupakan kesepakatan yang mengikat dua orang atau kedua belah pihak  yang telah berjanji untuk menjamin adanya kepastian. Perjanjian antara kedua belah pihak tersebut bisa dibuat melalui lisan maupun tulisan. Namun, secara hukum kekuatan perjanjian yang dilakukan dengan lisan sangatlah lemah, Apabila terjadi sengketa diantara kedua belah pihak yang berjanji, maka akan lebih sulit dibuktikan kebenarannya. Pada kondisi yang penting, orang lebih suka menggunakan surat perjanjian sebagai bukti hitam diatas putih demi keamanan.

Definisi Surat perjanjian pengertiannya adalah surat kesepakatan mengenai hak dan kewajiban kedua belah  pihak yang saling  berjanji untuk berbuat sesuatu atau tidak berbuat sesuatu. Perngertian tersebut, adalah sebuah ciri khas surat perjanjian sebagai surat yang dibuat oleh dua pihak secara bersama, bahkan seringkali melibatkan pihak ketiga sebagai penguat.

Jenis Surat Pernjanjian

Dalam pelaksanaanya Surat perjanjian dibedakan menjadi  ada dua macam, yaitu : Perjanjian autentik
Adalah perjanjian yang disaksikan oleh pejabat pemerintah. Surat Perjanjian dibuat dibawah tangan, yaitu perjanjian yang tidak disaksikan oleh pejabat pemerintah. Surat perjanjian tanpa notaris, keabsahannya  sah dengan syarat  memenuhi syarat tertentu seperti yang akan dirinci dibawah ini. Pada Surat pernjanjian ini harus mencantumkan persetujuan mengenai hak dan kewajiban masing-masing pihak, pada surat pernjanjian tersebut juga menyatakan jalan keluar yang akan ditempuh apabila terdapat salah satu pihak tidak melaksanakan kewajibannya. Penyelesaiannya bisa dengan pemberian sanksi, ganti rugi, tindakan administrasi, atau gugatan ke pengadilan.

Syarat surat Perjanjian

Adapun syarat sahnya pada surat perjanjian adalah sebagai berikut :

  1. Pada pembuatan Surat perjanjian penulisannya diatas kertas segel atau kertas biasa yang ditempel materai.
  2. Ketia membuat surat perjanjian kedua belah pihak harus atas rasa ikhlas, rela, tanpa paksaan.
  3. Isi Surat perjanjian harus diakui dan disetujui oleh kedua belah pihak yang berjanji.
  4. Pihak-pihak yang berjanji harus sudah dewasa (segi umur) dan dalam keadaan waras (tidak mengalami gangguan mental) dan sadar (tidak dalam pengaruh obat, minuman keras dan lain sebagainya).
  5. Isi Surat Perjanjian harus jelas dan tidak memiliki pengertian dan artian  secara berbeda.
  6. Isi surat perjanjian harus mematuhi undang-undang dan norma susila yang berlaku.

Mafaat Surat Perjanjian 

Surat Perjanjian dibuat dan disepakati atau ditaati kedua belah pihak untuk menghilangkan rasa khawatir bagi kedua belah pihak yang berjanji karena terdapatnya kepastian didalam surat perjanjian.
Pembuatan Surat Perjanjian untuk mengetahui secara jelas batas antara hak dan kewajiban pihak yang berjanji.
untuk menghindari terjadinya Sengketa antara kedua belah pihak.
Sebagai alat untuk menyelesaikan perkara yang mungkin timbul akibat suatu perjanjian.
Berhubungan dengan  3 point  diatas, maka setiap surat perjanjian harus tercantum pasal arbitrase yang berisi kesepakatan bersama yang menetapkan penghasilan negeri tertentu sebagai tempat untuk menyelesaikan perkara, jika timbul.
Pengertian Surat Perjanjian dan Manfaat Surat Perjanjian
Pengertian Surat Perjanjian dan Manfaat Surat Perjanjian

Macam-Macam Surat Perjanjian

Pada Negara hukum banyak kegiatan yang perlu dituangkan ke dalam surat perjanjian untuk memperoleh kepastian dan kekuatan hukum, dalam menghindari berbagai masalah terutama yang berhubungan antara surat perjanjian terpenting, berikut ini akan diuraikan secara singkat tentang perjanjian jual beli, sewa beli (angsuran), sewa-menyewa, borongan pekerjaan, pinjam-meminjam, dan perjanjian kerja.

Perjanjian Jual Beli

Dalam surat Perjanjian ini disebutkan bahwa pihak yang menjual diwajibkan menyerahkan suatu barang kepada pihak yang membeli. Dengan ketentuan, seorang atau disebut pihak pembeli diwajibkan menyerahkan sejumlah uang (sebesar harga barang tersebut) kepada seorang atau pihak penjual sesuai dengan perjanjian antara kedua belah pihak. Setelah kedua pihak menandatangani surat yang telah dibuat tersebut, maka kedua belah pihak terikat untuk menyelesaikan kewajiban masing masing. Setiap orang atau pihak yang melakukan pelanggaran atau kelalainan dalam memenuhi kewajiban akan menerima konsekuensi serta hukum karena pihak yang dirugikan berhak mengajukan tuntutan atau klaim.

Perjanjian Sewa Beli ( angsuran)

Surat Perjajian Sewa Beli ini hampir sama dengan surat jual beli. Perbedaannya adalah harga barang yang di bayarkan oleh seorang pembeli dilakukan dengan cara kredit (diangsunr). Dengan ketentuan yang telah disepakati bahwa barangnya akan diserahkan kepada pihak pembeli setelah surat perjanjian sewa beli ditandatangani. Namun,  hak atas kepemilikan barang yang tersebut dalam surat perjanjian masih berada di tangan pihak penjual. Dengan demikian sebelum pembayaran atas barang tersebut luas atau masih di angsur, seorang  pembeli statusnya cuma sebagai penyewa. Dan Sesuai dengan surat pernjajian maka seorang  pembeli tidak memiliki hak untuk menjual barang yang disebutkan dalam perjanjian sewa beli tersebut. Apabila  pembayaran angsuran/cicilan terakhir dilunasi maka hak milik segera jatuh ke tangan pembeli.

Perjanjian Sewa Menyewa

Surat Perjanjian sewa menyewa adalah suatu persetujuan antara seorang  yang menyewakan dan seorang yang menyewa. Biasa pada sebuah surat perjanjian sewa menyewa pihak yang menyewa (pihak 1) berjanji menyerahkan suatu barang (tanah, bangunan, dll) kepada pihak penyewa (pihak II) selama jangka waktu yang di tentukan kedua belah pihak. Sementara itu pihak penyewa di wajibkan membayar sejumlah uang tertentu atas pemakaian barang tersebut.

Perjanjian Borongan

Surat Perjanjian Borongan biasanya dibuat antara pihak yang mendapatkan proyek dan pihak pemborong (atau mengerjakan proyek), dimana kedua belah pihak si pemborong setuju untuk melaksanakan pekerjaan dengan cara borongan,  sesuai dengan persyaratan dan waktu yang di tentukan oleh kedua belah pihak. Maka pihak pemilik proyek wajib memebayar sejumlah uang yang telah di sepakati kedua belah pihak kepada pihak pemborong

Perjanjian Meminjam Uang

Membuat surat pejanjian meminjam uang biasanya banyak dilakukan oleh pihak bank dengan peminjam yaitu persetujuan antara pihak peminjam dengan pihak pemberi pijaman untuk menyerahkan sejumlah uang. Pihak yang memberikan pinjaman memberikan pinjaman sejumlah uang kepada pihak yang meminjam, dan orang yang meminjam wajib membayar uang  tersebut ditambah dengan bunga yang biasanya dinyatakan dalam persen dari pokok pinjaman, dalam jangka waktu yang telah disepakati.

Perjanjian Kerja

Surat Pernjian Kerja hampir sama dengan perjanjian jual beli. Perbedaan utamanya terletak pada obyek perjanjiannya. Pada surat perjanjian jual beli yang menjadi objeknya adalah barang atau benda, sedangkan pada surat  perjanjian kerja adalah jasa kerja dan pelayanan, kedua belah pihak dalam surat perjanjian kerja adalah majikan (pemilik usaha) dan pekerja (penyedia jasa).

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat perjanjian kerja adalah :
  1. Lama masa kerja
  2. Jenis pekerjaan
  3. Besarnya upah atau gaji beserta tunjangan
  4. d) Batasan Jam kerja per hari, jaminan sosial, hak cuti, dan kemungkinan untuk memperpanjang perjanjian tersebut.
Semoga artikel tentang Pengertian Surat Perjanjian dan Manfaat Surat Perjanjian dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan berguna untuk referensi dalam menyelesaikan tugas.

the cheapest car insurance, cost of car insurance, best car insurance quotes, insurance auto, insurance quotes car, get car insurance quotes online, car insurance agent, instant car insurance quote, car insurance websites, direct car,

insure a car, motor car insurance quote, cheap car insurance, online quotes for car insurance, car insurers, commercial car insurance, motor insurance quote, car insurance quotes online, get a quote online, international health insurance, compare car insurance quotes, insurance for car, compare car insurance, car insurance, buy life insurance online

compare auto insurance, international medical insurance, general car insurance

cheap motor insurance, low car insurance, car insurance comparison

company car insurance, budget car insurance, private health insurance, online quote car insurance, cheap motor car insurance, car insurance for new drivers, cheap car insurance quotes online, online car insurance quotes, get car insurance quotes, car insurance quotes comparison, motor car insurance, car insurance quotes, car insurance cheap, comprehensive car insurance, best auto insurance, short term health insurance, motor insurance

cheap online car insurance, online motor insurance quotes, car insurance california

buycarinsurance, online vehicle insurance, free car insurance quotes, landlord insurance

health insurance for children, motorbike insurance, monthly car insurance

car insurance usa, car insurance reviews, car insurance renewal quotes, vehicle insurance

health insurance rates, term life insurance quotes, vehicle insurance quotes

car insurance compare, motor vehicle insurance, best car insurance, motor insurance online quote, car insurance online quote, life insurance online, supplemental health insurance

best car insurance rates, car insurance discounts, motor vehicle insurance quotes, auto insurance, cheap travel insurance, bike insurance, travel medical insurance, buy car insurance online, online motor insurance, travel insurance quote, get a quote for car insurance, health insurance agent, car insurance companies, cheap car insurance companies

travel insurance, annual travel insurance, commercial vehicle insurance, permanent life insurance, medical insurance quotes, online car insurance, cheap car insurance quotes, credit card terminal, card credit application, credit card generator, credit card balance

credit card numbers, credit card transfer, credit card interest rates, credit card interest, gold card, credit card online, best rate credit cards, credit card low interest

visa card online, online credit card, how to apply a credit card
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait