Pengertian dan Manfaat Surat Kuasa, Contoh Surat Kuasa


Kita hidup di Negara hukum, segala sesuatu baik yang berkaitan dengan hak dan kewajiban semua diatur dengan hukum, sebagai warga Negara yang baik kita juga harus taat dan patuh pada hukum. Dengan memiliki hukum semua permasalahan akan dapat diselesaikan dengan mudah, karena sudah ada aturan yang mengaturnya.

Sebagai manusia ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, kita memiliki kekurangan dan keterbatasan atas berbagai hal, misalnya dalam hal  mengurus urusan yang berkaitan dengan suatu kegiatan yang diatur oleh hukum secara langsung entah ada kepentingan mendadak, sakit dan sebagainya. Maka kegiatan kegiatan yang sifatnya penting tersebut dapat kita wakilkan kepada seseorang atau orang yang bekerja dibidang jasa tertentu, seperti pengurusan sertifikat tanah, sertifikat kendaraan, pengurusan gaji, pengurusan di bank dan lain-lain.  Untuk menunjuk atau mewakilkan kegiatan atau biasa disebut dengan memberikan kuasa kepada seseorang, kita harus membuat Surat Kuasa.

Pengertian dan Manfaat Surat Kuasa, Contoh Surat Kuasa 

Pengertian Surat Kuasa

Pengertian surat kuasa dapat diartikan surat yang dibuat dengan maksud untuk memberi kuasa atau wewenang pada seseorang yang dapat dipercaya oleh pemberi kuasa, Dengan demikian orang yang diberikan kuasa memiliki wewenang untuk bertindak sebagaimana pemberi kuasa. Kita tidak  perlu khawatir dengan adanya Surat Kuasa dan bagaimana hukumnya, karena pada Undang-Undang di Negara kita sudah mengatur tentang Surat Kuasa dan bagaimana kekuatannya.

“Pemberian kuasa ialah suatu persetujuan yang berisikan pemberian kekuasaan kepada orang lain yang menerimanya untuk melaksanakan sesuatu atas nama orang yang memberikan kuasa”
– KUH Perdata BAB XVI pasal 1792.

Pelajari juga tentang cara membuat Surat Resmi sebagai tambahan pengetahuan dan informasi, dan Surat Pribadi dan Contoh Membuat Surat untuk sahabat.

Fungsi dan Manfaat Surat Kuasa

Manfaat dan Fungsi surat kuasa yaitu adanya kemudahan yang diberikan kepada kita dan dilingungi secara hukum atas keperluanmu yang tidak bisa kamu lakukan sendiri. Dengan membuat surat kuasa akan  memberikankemudahan dalam menyelesaikan masalah atas ketidakhadiran sehingga menjadi lebih luwes dan tidak kaku.

Jenis Surat Kuasa

Surat kuasa terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan subyek yang membuat surat kuasa, antara lain:
Surat Kuasa Perseorangan
Jenis surat kuasa yang pertama adalah Surat kuasa perseorangan dimana surat kuasa yang dibuat dan disusun oleh seseorang yang berisi pernyataan bahwa memberikan wewenang kepada pihak lain untuk menyelesaikan sebuah masalah atau kepentingan pemberi kuasa. Salah satu contoh surat kuasa perseorangan antara lain surat kuasa pengambilan ijazah, surat kuasan pengambilan BPKB, surat kuasa pengambilan gaji, surat kuasa pengambilan paspor, dan lain sebagainya.

Surat Kuasa Kedinasan

Jenis surat kuasa yang kedua adalah surat kuasa kedinasan adalah surat kuasa yang dibuat oleh  lembaga resmi baik instansi, organisasi, maupun instansi biasa dibuat oleh pimpinan suatu lembaga kepada bawahannya secara struktural untuk menyelesaikan permasalahan dari lebaga tersebut. Salah satu contoh surat kuasa kedinasan antara lain surat kuasa untuk menghadiri rapat sangat penting yang tidak dapat dihadiri, surat kuasa mengambil naskah ujian dari kepala sekolah kepada petugas atau panitia ujian, surat kuasa pengambilan dokumen penting perusahaan dan lain sebagainya.

Surat Kuasa Khusus atau Istimewa

Jenis surat kuasa yang ketiga adalah surat kuasa khusus atau istimewa dimana surat kuasa tersebut dibuat oleh perseorangan maupun lembaga kepada pihak yang lebih tahu dan mengerti tentang hukum dalam hal ini berupa advokat untuk menyelesaikan permasalahan orang atau lembaga yang memberikan kuasa yang berkaitan dengan hukum, peradilan dan pengadilan.

Kuasa Perantara


Jenis Surat kuasa yang ke empat adalah surat kuasa perantara disebut juga agen (agent). Dalam surat kuasa perantara oang yang memberikan  kuasa sebagai principal memberi perintah (instruction) kepada pihak kedua dalam kedudukannya sebagai agen atau perwakilan untuk melakukan perbuatan hukum tertentu dengan pihak ketiga. Apa yang dilakukan agen, mengikat principal sebagi pemberi kuasa, sepanjang tidak bertentangan atau melampaui batas kewenangan yang diberikan.

 
Pengertian dan Manfaat Surat Kuasa, Contoh Surat Kuasa
Pengertian dan Manfaat Surat Kuasa, Contoh Surat Kuasa

Format Penulisan Surat Surat Kuasa

Kop Surat
Kop Surat atau kepala surat harus memenuhi identitas sebuah surat. Karena surat kuasa masuk kategori surat resmi, maka beberapa point yang harus tertera dalam sebuah surat resmi bagian Kop Surat antara lain:  Judul, Nomor surat (Opional), Nama organisasi (Jika bukan perseorangan)

Isi Surat
Bagian Isi surat kuasa menjelaskan maksud dan dibuatnya surat kuasa, biasanya ditandai dengan dengan pernyataaan memberikan kuasa dari pemberi kuasa kepada penerima kuasa. Dan tentunya harus ada orang  pemberi kuasa dan penerima kuasa.
Identitas pemberi kuasa
Pernyataan terkait penyerahan kuasa
Hal ini  penting dalam pencantumkan beberapa hal akibat yang diterima diterima pihak pemberi kuasa apabila terjadi hal yang tidak diinginkan karena memang surat kuasa tersebut dibuat dengan sebenar-benarnya.

Bagian Penutup
Bagian pentup ini sama seperti surat pada umumnya, beberapa point penting antara lain : Pernyataan penutup atas dibuatnya surat kuasa. Tanda tangan kedua belah pihak yang dilengkapi dengan materai.

Contoh Surat Kuasa
Untuk memberikan pemahaman  lebih luas tentang surat kuasa kalian dapat melihat contoh surat kuasa dibawah ini :
Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB

SURAT KUASA

Saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama    :               Abu Gosok
No KTP :               3520109101990005
Tempat, Tanggal Lahir    :               Banyuwangi, 9 Oktober 1990
Alamat  :               Jl. Merdeka Barat no.147 Blok M Jakarta Timur
Dalam hal ini sebagai PIHAK PERTAMA memberikan kuasa kepada :

Nama    :               Cheryl Khansa Floreci
No KTP :               3520502021995001
Tempat, Tanggal Lahir    :               Banyuwangi, 2 Februari 1995
Alamat  :               Jl. Merdeka Barat no.147 Blok M Jakarta Timur
Dan selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA untuk mengambil BPKB Sepeda Motor dengan nomor polisi B 10234 Z tahun 2014.

Demikian surat kuasa ini dibuat dengan sadar dan sebenar-benarnya. Mohon digunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 20 Januari 2017

Penerima Kuasa                                                               Pemberi Kuasa 
(Cheryl Khansa Florecia)                                               (Abu Gosok)     


Contoh Surat Kuasa 


Kesimpulan

Surat kuasa kemudahan kepada siapa saja yang memiliki permasalahan yang berkaitan dengan tidak dapat menghadiri atau mengurus secara langusung suatu urusan yang sangat penting. Pengertian surat kuasa dapat diartikan surat yang dibuat dengan maksud untuk memberi kuasa atau wewenang pada seseorang yang dapat dipercaya oleh pemberi kuasa, Dengan demikian orang yang diberikan kuasa memiliki wewenang untuk bertindak sebagaimana pemberi kuasa.


Demikian artikel tentang Pengertian dan Manfaat Surat Kuasa, Contoh Surat Kuasa mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua, baik sebagai tambahan referensi dalam  menyelsaikan tugas dan juga memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan.

the cheapest car insurance, cost of car insurance, best car insurance quotes, insurance auto, insurance quotes car, get car insurance quotes online, car insurance agent, instant car insurance quote, car insurance websites, direct car,

insure a car, motor car insurance quote, cheap car insurance, online quotes for car insurance, car insurers, commercial car insurance, motor insurance quote, car insurance quotes online, get a quote online, international health insurance, compare car insurance quotes, insurance for car, compare car insurance, car insurance, buy life insurance online

compare auto insurance, international medical insurance, general car insurance

cheap motor insurance, low car insurance, car insurance comparison

company car insurance, budget car insurance, private health insurance, online quote car insurance, cheap motor car insurance, car insurance for new drivers, cheap car insurance quotes online, online car insurance quotes, get car insurance quotes, car insurance quotes comparison, motor car insurance, car insurance quotes, car insurance cheap, comprehensive car insurance, best auto insurance, short term health insurance, motor insurance

cheap online car insurance, online motor insurance quotes, car insurance california

buycarinsurance, online vehicle insurance, free car insurance quotes, landlord insurance

health insurance for children, motorbike insurance, monthly car insurance

car insurance usa, car insurance reviews, car insurance renewal quotes, vehicle insurance

health insurance rates, term life insurance quotes, vehicle insurance quotes

car insurance compare, motor vehicle insurance, best car insurance, motor insurance online quote, car insurance online quote, life insurance online, supplemental health insurance

best car insurance rates, car insurance discounts, motor vehicle insurance quotes, auto insurance, cheap travel insurance, bike insurance, travel medical insurance, buy car insurance online, online motor insurance, travel insurance quote, get a quote for car insurance, health insurance agent, car insurance companies, cheap car insurance companies

travel insurance, annual travel insurance, commercial vehicle insurance, permanent life insurance, medical insurance quotes, online car insurance, cheap car insurance quotes, credit card terminal, card credit application, credit card generator, credit card balance

credit card numbers, credit card transfer, credit card interest rates, credit card interest, gold card, credit card online, best rate credit cards, credit card low interest

visa card online, online credit card, how to apply a credit card
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait