Pengertian Surat, Apa itu Surat?

Pengertian Surat, Apa itu Surat?

Sudah pernah mengirim surat pada si dia?, Pernah atau tidak ya …. ?. Tidak perlu dijawab. Pernah menulis surat keterangan sakit ke sekolah ? Kalau surat yang ini pastinya iya kan?. Memang, hampir semua orang yang pandai menulis dan mempunyai saudara yang tinggal di tempat lain yang jauh tentu pernah menerima atau mengirim surat. Itu jaman dahulu, sekarang kan tinggal SMS. Walaupun sering menulis surat, atau sering menerima surat, belum tentu orang bahkan kalian mengerti tentang arti atau definisi Apa itu surat?

Surat merupakan sarana untuk menyampaikan informasi secara tertulis dari pihak yang satu ke pihak yang lain. Isi dari surat sendiri dapat berupa sebuah informasi atau dapat berupa pemberitahuan, pernyataan, pertanyaan, permintaan, sikap dan sebagainya.  Kenapa orang menggunakan surat untuk menyampaikan informasi? Kenapa tidak menggunakan telepon, melalui radio, secara lisan atau disampaikan pesan saja kepada orang lain dengan SMS pada saat ini?  Memang boleh menyampaikan informasi kepada orang dengan telepon, dengan radio, atau dengan pesan lisan. Tetapi dengan surat pun lebih baik. Apabila kalian menggunakan surat mempunyai keuntungan bila dibandingkan dengan cara lain.

Apa itu Surat? dan Manfaat Surat?

Dengan mengirim surat banyak sekali Keuntungannya, berikut ini keuntungan mengirimkan pesan atau informasi melalui Surat :
1. Lebih Aman
Menulis surat lebih terpercaya dari sarana informasi lain. Hal itu disebabkan karena penulisan surat dilakukan secara langsung ditulis yang bersangkutan dan ditandatangani. Adanya tanda tangan dapat dijadikan bukti kebenaran berita. Dengan demikian dapat dijadikan suatu bukti pada suatu hari nanti. Kalau menggunakan telepon bagaimana dan sms? Jelas tidak bisa dijadikan sebagai buktu untuk telpone, entah jika ada remakannya, karena bisa saja yang menelepon itu kebetulan suaranya sama dengan teman kita padahal yang berbicara itu orang lain. Kekurangan lainnya adalah informasi yang disampaikan itu hilang di udara. Kalau kita mungkin dapat mengingatnya, belum tentu pula kita dapat menangkap pesan itu dengan tepat, mungkin ada yang salah dengar.
2. Kerahasiaan terjamin
Apabila mengirim berita melalui telepon dan sms, dengan kurir, jelas kerahasiaannya, karena pihak penyedia jasa dapat juga menyadap, dan  tidak dapat dijamin. Besar kemungkinan banyak orang yang ikut mendengarnya. Apalagi pada zaman modern ini, alat untuk menyadap percakapan di telepon sudah semakin canggih. Kalau dengan Surat, kerahasiaannya lebih terjamin. Yang tahu cuma penulis dan penerima Surat saja.
3. Murah
Harganya murah dengan berkomunikasi lewat Surat. Coba diperhatikan perhitungannya dengan menggunakan satu lembar kertas, satu bush amplop, dan 1 buah perangko, kita sudah dapat mengabarkan berbagai hal sepuas-puasnya. Murah bukan? Cuma dengan modal lima ratus rupiah dapat berbincang-bincang dengan teman yang jauh tentang berbagai pengalaman. Bila hal itu disampaikan dengan telepon, dengan radio, atau melalui televisi tentu biayanya sangat mahal.
Pengertian Surat
Pengertian Surat
Itulah kelebihan Surat sebagai sarana komunikasi. Karena kelebihan itu pula dewasa ini banyak sekali orang berkomunikasi melalui Surat. Lihatlah di kantor pos tiap hari. Kita bisa geleng-geleng kepada melihat betapa banyaknya Surat yang harus disampaikan kepada alamat yang dituju. Di manamana kita menjumpai Pak Pos mengantarkan Surat.  Adalagi tentang pengiriman surat verifikasi pin.
Apa peranan Surat dalam kehidupan?
Kalau peranan Surat tidak penting, maka tidak perlu banyak pegawai di perusahaan-peruashaan negeri maupun swasta yang tiap hari bertugas secara khusus mengurusi surat menyurat.
Fungsi Surat secara umum
1. Sebagai bukti tertulis
Surat dapat dipandang sebagai bukti tertulis yang dapat digunakan sebagai pegangan. Misalnya Surat keterangan dokter tentang sakitnya seseorang. Kalau seseorang membawa kendaraan, ia harus membawa Surat Izin Mengemudi (SIM) sebagai bukti bahwa ia berhak mengemudi kendaraan. Apabila seseorang akan pindah ke sekolah lain, hanya akan dapat diterima bila mempunyai Surat pindah sebagai bukti tertulis.
1. Sebagai pengganti diri
Kalian tidak mungkun datang langsung ke tempat alamat, hanya untuk datang ke tempat alamat untuk menyampaikan berita yang penting dan harus disampaikan seacara langsung. Dengan demikian kita mewakilkan diri kita untuk menyampaikan berita dengan melalui Surat. Suratlah yang datang menghadap orang yang perlu mendengarkan pesan kita.
2. Sebagai pedoman kerja
Surat sudah digunakan sejak jaman dulu kala, dan surat  juga dapat berfungsi sebagai pedoman kerja. Suatu contoh surat keterangan, surat keputusan dan surat-surat dinas lainnya. Kalau tidak ada Surat Keputusan (SK) tidak mungkin beliau berani menyatakan dirinya adalah yang memimpin jabatan tersebut.  Dengan surat resmi tersebut, akan secara mudah mendapatkan suatu rekomendasi dan fungsi-fungsi lainnya.
4. Sumber data dan keterangan
Perlu diketahui bahwa surat yang diterima di setiap kantor pemerintah ataupun swasta  dari pihak lain semuanya diarsipkan, disimpan dengan baik karena memang ada gunanya, yaitu sebagai sumber data atau sumber keterangan tentang berbagai macam hal.
Sebagai salah satu seorang manager perusahaan yang ingin tahu kapan atau siapa pegawainya yang akan pension atau mendekati umur pensiun, maka dia dapat menggunakan surat-surat yang ada dalam arsip sebagai sumber keterangan yang sah. Surat-surat atau arsip tersebut juga berguna apabila ingin tahu siapa yang sepatutnya naik pangkat tahun ini, juga dapat diketahui melalui arsip surat-surat.
5. Dokumen Bersejarah
Surat-surat yang berada dan disimpan dalam arsip dalam kondisi atau waktu yang lama dapat digunakan sebagai bukti sejarah,  apa yang terjadi di masa lampau. Untuk mengetahui siapa susunan pimpinan kantor pada saat pindah ke kantor baru, tentu dapat diketahui melalui surat-surat yang ada dalam arsip. Pada instansi sekolah surat-surat ini sangat penting dan digunakan sebagai bukti dan mendapatkan nilai ketika akreditasi dilakukan
6. Jaminan keamanan
Apakah kalian tahu bahwa surat dapat juga membantu menjamin keamanan bagi seseorang. Ilustrasi ini mungkin akan membantu memperjelas apabila pada suatu daerah terjadi kerusuhan atau kondisi tidak aman karena ada peperangan antar suku, perang antar agama dan kerusuhan lainnya, diperlukan adanya surat keterangan jalan. Apabila kalian ingin pindah atau mau pergi ke negara lain, maka kalian perlu membawa surat izin masuk. Kalau tidak, tentu saja ada kemungkinan kalian ditangkap karena dianggap penjahat atau karena tidak mengikuti ketentuan yang berlaku.

Kesimpulan.
Surat merupakan sarana untuk menyampaikan informasi secara tertulis dari pihak yang satu ke pihak yang lain. Isi dari surat sendiri dapat berupa sebuah informasi atau dapat berupa pemberitahuan, pernyataan, pertanyaan, permintaan, sikap dan sebagainya, dapat diketahui bahwa surat itu mempunyai fungsi dan kegunaan yang banyak. Tidak salah kalau sebuah perusahaan harus mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk membayar gaji pegawai  yang bertugas khusus mengurus urusan surat-menyurat, serta merawat dan mengarsipkannya. Surat juga dapat digunakan sebagai bukti bersejarah atas kejadian masa sekarang dan sebagai butki sejarah di masa akan datang.

Semoga artikel tentang pengertian surat dapat bermanfaat, dan memberikan wawasan pengetahuan yang baru.


the cheapest car insurance, cost of car insurance, best car insurance quotes, insurance auto, insurance quotes car, get car insurance quotes online, car insurance agent, instant car insurance quote, car insurance websites, direct car,

insure a car, motor car insurance quote, cheap car insurance, online quotes for car insurance, car insurers, commercial car insurance, motor insurance quote, car insurance quotes online, get a quote online, international health insurance, compare car insurance quotes, insurance for car, compare car insurance, car insurance, buy life insurance online

compare auto insurance, international medical insurance, general car insurance

cheap motor insurance, low car insurance, car insurance comparison

company car insurance, budget car insurance, private health insurance, online quote car insurance, cheap motor car insurance, car insurance for new drivers, cheap car insurance quotes online, online car insurance quotes, get car insurance quotes, car insurance quotes comparison, motor car insurance, car insurance quotes, car insurance cheap, comprehensive car insurance, best auto insurance, short term health insurance, motor insurance

cheap online car insurance, online motor insurance quotes, car insurance california

buycarinsurance, online vehicle insurance, free car insurance quotes, landlord insurance

health insurance for children, motorbike insurance, monthly car insurance

car insurance usa, car insurance reviews, car insurance renewal quotes, vehicle insurance

health insurance rates, term life insurance quotes, vehicle insurance quotes

car insurance compare, motor vehicle insurance, best car insurance, motor insurance online quote, car insurance online quote, life insurance online, supplemental health insurance

best car insurance rates, car insurance discounts, motor vehicle insurance quotes, auto insurance, cheap travel insurance, bike insurance, travel medical insurance, buy car insurance online, online motor insurance, travel insurance quote, get a quote for car insurance, health insurance agent, car insurance companies, cheap car insurance companies

travel insurance, annual travel insurance, commercial vehicle insurance, permanent life insurance, medical insurance quotes, online car insurance, cheap car insurance quotes, credit card terminal, card credit application, credit card generator, credit card balance

credit card numbers, credit card transfer, credit card interest rates, credit card interest, gold card, credit card online, best rate credit cards, credit card low interest

visa card online, online credit card, how to apply a credit card
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait