Jenis Jenis Surat

Surat Glabet – Sebetulnya ada berapa jenis surat?  Surat apabila dikelompok-kelompokan terdapat beberapa macam Jenis jenis surat. Surat merupakan sarana untuk menyampaikan informasi secara tertulis dari pihak yang satu ke pihak yang lain. Isi dari surat sendiri dapat berupa sebuah informasi atau dapat berupa pemberitahuan, pernyataan, pertanyaan, permintaan, sikap dan sebagainya. Surat dapat kelompokkan berdasarkan

A. Berdasarkan Wujud Surat
B. Berdasarkan Pembuatan Surat
C. Berdasarkan Pesan Surat
D. Berdasarkan Keamanan Pesan Surat
E. Berdasarkan Ruang Lingkup Surat
F. Berdasarkan Jumlah Pembaca Surat
G. Berdasarkan Penyelesaian Surat
H. Berdasarkan Pengertian Umum

Jenis Jenis Surat 

Seperti yang telah disebutkan di atas tentang pengelompokan jenis surat, dalam setiap kelompok tersebut terdapat beberapa contoh jenis jenis surat. Mungkin kalian sudah tahu tetang contoh jenis jenis surat dalam kelompok  tersebut. Dan pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang contoh surat berdasarkan pengelompokan di atas serta pengertiannya.

A.    Wujud Surat

Berdasarkan Wujut surat terdapat beberapa jenis contoh surat antara lain
Kartu Pos
Pengertian Kartu pos  merupakan  surat terbuka yang terbuat dari kertas yang ukurannya 10 x 15 cm. Kertas surat pos ini biasanya tebal, sehingga berbentuk kartu. Manfaat dari kartu pos adalah untuk menyampaikan berita yang singkat. Namun,  pesan yang tertulis pada kartu pos dapat diketahui oleh orang lain selain nama orang yang akan dituju dalam kartu pos karena isi dari kartu pos  berada pada halaman terbuka. Kartu post biasanya dijual di kantor Pos.
Warkat Pos
Pengertian Warkat Pos adalah surat tertutup yang  dibuat pada satu lmebar kertas. Warkat Pos dapat dilipat menjadi amplop. Oleh karena itu, lembaran surat ini dapat dipakai sekaligus sebagai amplop. Kegunaan Warkat Pos adalah untuk menyampaikan berita yang jumlah katanya  agak panjang dalam selembar kertas. Lembar Warkat Pos  biasanya dijual di kantor pos.
Telegram
Pengertian dariTelegram adalah jenis surat yang isi dari pesan tersebut relatif singkat, dan pengiriman surat tersebut dikirim menggunakan pesawat telegram. Jenis Surat Telegram  akan sampai ke tujuan dalam waktu yang lebih cepat.
Surat Bersampul
Pengertian surat bersampul merupakan jenis surat dikirim kepada seseorang dengan sampul surat sebagai amplop pembungkus surat. Jenis surat seperti  ini, banyak gunakan dalam kegiatan berkomunikasi dengan surat. Isi dari surat bersampul lebih rahasia karena terdapat bunkus surat.
Jenis Jenis Surat
Jenis Jenis Surat 

B. Pembuat Surat

Berdasarkan pengelompokan surat menurut Pembuat Surat, terdapat dua jenis surat yaitu:
Surat Pribadi
Pengertian dari Jenis surat merupakan sebuh surat yang dibuat atau ditulis oleh nama pribadi dan isi dari surat tersebut adalah  masalah pribadi antara  penulis surat dan nama orang yang dituju, alamat yang dituju seperti teman, keluarga maupun lembaga tertentu. Contoh surat pribadi surat yang ditujukan untuk keluarga, surat untuk melamar pekerjaan, dan surat permohonan izin bangunan kepada pemerintah atau perusahaan.
Surat Resmi
Pengertian Surat resmi adalah sebuah surat yang dibuat oleh lembaga atau  instansi, organisasi atau  sebuah  perusahaan tertentu  dan surat tersebut dibuat dan ditujukan kepada perorangan maupun  lembaga tertentu lainnya. Alamat yang dituju seperti Instansi, lembaga, organisasi dan perusahaan legalitasnya disahkan secara hukum. Contoh surat resmi adalah surat dinas, surat niaga, dan surat sosial.

C. Pesan Surat

Apabila dikelompokkan menurut pesan surat,  contoh jenis surat  adalah surat keluarga, surat setengan resmi, surat social, surat niaga, surat dinas, surat pengantar
Surat Keluarga
Surat keluarga  merupakan jenis sura yang dibuat oleh seseorang yang isinya tentang masalah-masalah keluarga atau kekeluargaan. Contohnya adalah surat dari anak kepada  orang tua, surat dari seseorang kepada saudara dan teman.
Surat Setengah Resmi
Pengertian Surat setengah resmi merupakan sebuah surat yang dibuat  seseorang atau pribadi dan ditujukan kepada instansi atau lembaga organisasi tertentu. Contoh surat setengah resmi adalah surat lamaran pekerjaan, surat permohonan Ijin mendirikan bangunan (IMB) dan surat permohonan cuti.
Surat Sosial
Surat sosial adalah surat yang dibuat seseorang atau instansi dan isinya tentang masalah-masalah sosial  kepada seseorang, organisasi, atau instansi tertentu. Contoh surat Sosial adalah surat permohonan bantuan permintaan sumbangan dan edaran untuk kerja bakti.
Surat Niaga
Surat niaga yaitu surat yang dibuat oleh perusahaan perniagaan dengan pesan berniaga. Contoh surat niaga adalah penagihan utang,  surat penawaran harga, lelang barang, atau pesanan barang.
Surat Dinas
Apa itu surat dinas?  Surat ini berisikan masalah kedinasan dari suatu instansi atau lembaga, keorganisasian. Surat Dinas ditujukan kepada instansi lain, perorangan dan organisasi tertentu. Misalnya, surat keputusan, surat perintah, dan surat tugas.
Surat Pengantar
surat pengantar dibuat oleh perorangan atau perusahaan, instansi sebagai pengantar sebuah berkas data data tertentu di alamatkan kepada perorangan atau lembaga sebagai pengatur atau referensi seseorang untuk berhubungan dengan pihak penerima surat.

D.Keamanan Pesan Surat

Jenis surat apabila dikelompokkan berdasarkan kemanan pesan surat adalah surat sangat rahasia, surat rahasia, surat konfidensial, surat biasa,
Surat Sangat Rahasia
Jenis surat sangat rahasia adalah merupakan sebuah surat yang isinya adalah adalah dokumen  dokumen penting yang ada kaitannya dengan rahasia atau keamanan suatu negara. Dalam Pengirimannya contoh Jenis surat ini  menggunakan tiga buah sampul. Pada sampul pertama ditulis sebuah  kode SR singkatan dari "Sangat Rahasia". Kemudian sampul kedua ditulis kode SRS, singkatan "Sangat Rahasia Sekali" Untuk merekatkan amplop menggunakan segel khusus  atau lak sebagai butki keutuhan pesan surat. Pada bungkus sampul terakhir (yang paling luar) dibuat seperti amplop biasa agar tidak mengundang kecurigaan orang lain. Contoh Surat jenis ini, misalnya surat dari kementerian luar negeri, surat untuk negara-negara tetangga, dan surat dokumen kemiliteran.
Surat Rahasia
Hampir sama dengan Surat Sangat rahasia, surat rahasia juga berisi dokumen ringan yang isi pesan tersebut hanya boleh diketahui oleh satu atau beberapa pejabat tertentu atau yang memiliki jabatan tertentu  pada sebuah instansi. Cara mengirimnya dengan menggunakan dua buah sampul. Pada sampul pertama dituliskan kode R atau RS yaitu singkatan dari "Rahasia" atau "Rahasia Sekali" kemudian diberi disegel, sedangkan sampul kedua tidak diberi kode apa pun. Contoh surat rahasia adalah  surat tentang konduet pejabat dan surat dokumen suatu instansi.
Surat Konfidensial
Merupakan Surat yang isinya hanya dapat dibaca dan diketahui oleh beberapa pejabat tertentu karena isi  pesannya dari surat tersebut memerlukan tindakan kebijaksanaan dari para pejabat yang ada pada alamat surat. Contoh surat konfidensial adalah hasil rapat pimpinan  tentang usulan kenaikan pangkat seseorang.
Surat Biasa
Surat biasa merupakan jenis surat seperti pada umumnya isi pesannya dapat diketahui oleh orang lain tanpa mengakibatkan kerugian bagi pihak mana pun. Misalnya, surat edaran dan surat undangan.

E. Ruang Lingkup Surat

Berdasrakan pengelompokan ruang lingkup surat contoh surat tersebut antara lain memorandum atau memo, nota berikut penjelasannya.
Memorandum/ Memo
Memo adalah   surat  atau pesan singkat dari atasan kepada bawahan atau kepada pejabat yang setingkat dengan pejabat pembuat memo. Memorandum ini hanya isinya catatan singkat tentang pokok permasalahan sebagai pesan yang ingin dikomunikasikan.
Nota
Nota merupakan surat  dari atasan untuk bawahan atau sebaliknya di dalam satu kantor untuk meminta data atau informasi.
Surat Biasa
Surat biasa adalah surat seperti pada umumnya yang dikirimkan kepada orang lain, baik yang berada di dalam maupun di luar instansi yang bersangkutan.

F. Jumlah Pembaca Surat

Berdasarkan pengelompokkan surat  menurut jumlah pembaca surat contonya adalah surat pengumuman, surat edaran, surat biasa. Penjealasan dari surat-surat tersebut adalah
Pengumuman
Surat Pengumuman adalah surat  yang dibuat dan  ditujukan kepada sejumlah orang, instansi, atau pihak-pihal yang namanya terlalu banyak apabila ditulis satu persatu. Surat Pengumuman ini penggunaanya dabat dibuat dalam raung lingkup yang terbatas maupun dalam ruang lingkup yang lebih luas. Contoh dari surat pengumuman adalah pengumuman penerimaan pegawai dan kelulusan tes.
Surat Edaran
Pengertian Surat edaran adalah surat yang dibuat dan dikirim untuk beberapa orang, baik di dalam maupun di luar kantor yang bersangkutan. Biasanya, surat ini hanya berisi sesuatu yang hanya diketahui oleh orang-orang tertentu. Ada pula surat edaran yang dapat disebarkan ke ruang lingkup yang lebih luas.
Surat Biasa
Surat biasa masuk kedalam beberapa jenis pengelompokan surat yang khusus dikirimkan kepada orang  yang alamat dan namanya  pada alamat amplot surat dan hanya untuk diketahui oleh orang yang dituju.

G. Penyelesaian Surat

Berdasarkan Penyelesaian surat ada beberapa contoh yang termasuk jenis ini, surat kilat, surat segera, surat biasa, seperti apa pengertian dan contohnya simak penjelasannya dibawah ini
Surat Kilat
Surat kilat adalah surat yang cepat terkirim dari pembuat kepada alamat yang dituju. Surat kilat dibuat karena tanggapan penerima surat dari isi pesan surat kilat diharapkan dari surat tersebut pun perlu dilakukan dengan cepat.
Surat Segera
Surat segera adalah hampir sama dengan surat kilat surat segera juga  harus segera disampaikan kepada penerima surat, tetapi tidak harus ditanggapi dengan cepat seperti pada contoh surat kilat.

H. Pengertian Umum

Dalam pengelompokan Berdasarkan  pengertian secara umum contoh nya adalah surat terbuka, surat tertutup, surat kaleng.
Surat Terbuka
Surat terbuka adalah surat yang isi dan pesan tersebut ditujukan kepada pihak lain, baik perorangan maupun kelompok yang biasanya dimuat di media cetak  atau di edarkan secara terbuka.
Surat Tertutup
Merupakan Surat-surat yang cara pengirimannya diberi sampul, karena isinya tidak layak diketahui oleh pihak lain.
Surat Kaleng
Surat kaleng adalah surat yang nama pengirimannya tidak mencantumkan, data nama dan alamat pengirim secara jelas. Orang yang mengirim surat ini tidak bertanggung jawab terhadap isi surat. Akan tetapi untuk beberapa hal perlu juga diperhatikan oleh penerima surat pesan dalam surat itu.

Semoga postingan  tentang Jenis Jenis Surat bisa bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Apabila terdapat kesalahan baik dari segi penulisan maupun penjelasan, mohon kritik dan saran yang membangun untuk kemajuan pendidikan Indonesia. Terima kasih

the cheapest car insurance, cost of car insurance, best car insurance quotes, insurance auto, insurance quotes car, get car insurance quotes online, car insurance agent, instant car insurance quote, car insurance websites, direct car,

insure a car, motor car insurance quote, cheap car insurance, online quotes for car insurance, car insurers, commercial car insurance, motor insurance quote, car insurance quotes online, get a quote online, international health insurance, compare car insurance quotes, insurance for car, compare car insurance, car insurance, buy life insurance online

compare auto insurance, international medical insurance, general car insurance

cheap motor insurance, low car insurance, car insurance comparison

company car insurance, budget car insurance, private health insurance, online quote car insurance, cheap motor car insurance, car insurance for new drivers, cheap car insurance quotes online, online car insurance quotes, get car insurance quotes, car insurance quotes comparison, motor car insurance, car insurance quotes, car insurance cheap, comprehensive car insurance, best auto insurance, short term health insurance, motor insurance

cheap online car insurance, online motor insurance quotes, car insurance california

buycarinsurance, online vehicle insurance, free car insurance quotes, landlord insurance

health insurance for children, motorbike insurance, monthly car insurance

car insurance usa, car insurance reviews, car insurance renewal quotes, vehicle insurance

health insurance rates, term life insurance quotes, vehicle insurance quotes

car insurance compare, motor vehicle insurance, best car insurance, motor insurance online quote, car insurance online quote, life insurance online, supplemental health insurance

best car insurance rates, car insurance discounts, motor vehicle insurance quotes, auto insurance, cheap travel insurance, bike insurance, travel medical insurance, buy car insurance online, online motor insurance, travel insurance quote, get a quote for car insurance, health insurance agent, car insurance companies, cheap car insurance companies

travel insurance, annual travel insurance, commercial vehicle insurance, permanent life insurance, medical insurance quotes, online car insurance, cheap car insurance quotes, credit card terminal, card credit application, credit card generator, credit card balance

credit card numbers, credit card transfer, credit card interest rates, credit card interest, gold card, credit card online, best rate credit cards, credit card low interest

visa card online, online credit card, how to apply a credit card
Bagikan ke Facebook

Artikel Terkait